belgian balance coffee

Belgian Balance Coffee

Desain Belgian Balance Coffee ini merupakan pengembangan desain yang dilakukan untuk program Designer Dispatch Service atau DDS pada tahun 2017 yang lalu. DDS merupakan program Kementerian Perdagangan untuk memajukan industri kecil dan menengah yang ada di Indonesia. Pada program ini para desainer yang ditetapkan oleh Kemendag dikirim ke daerah-daerah yang telah dipilih untuk melakukan kolaborasi dengan para perajin lokal. Hasil desain produk yang telah dibuat bersama pengrajin tersebut kemudian dipamerkan pada acara Trade Expo Indonesia. Fasilitas pameran tersebut dibuat dengan tujuan agar produk yang dibuat dapat menemukan pasar internasional.

Sebagai desainer produk, saya ditunjuk oleh Kementerian untuk bekerja sama dengan 2 perajin terpilih di daerah Boyolali. Perajin yang terpilih didaerah Boyolali ini adalah perajin tembaga dan perajin porcelain. Perajin tembaga berasal dari daerah Tumang dan perajin porcelain berasal dar Ampel. Masing-masing perajin memiliki kapabilitas dan karakteristik produksi tersendiri. Perajin tembaga biasanya mengerjakan kerajinan dan proyek-proyek yang berbau teknis tetapi dan dapat memahami gambar kerja. Sedangkan Perajin porcelain sudah berbentuk industri yang cukup besar.

Belgian Balance Coffee – Alternatif desain yang potensial

Setelah berkoordinasi dengan para perajin dan kementerian perdagangan. Saya sebagai desainer mulai melakukan riset terhadap produk-produk yang potensial untuk dikembangkan. Salah satu market yang menarik dan terus berkembang didalam maupun diluar negeri adalah kopi. Secara kasat mata dikota-kota besar yang ada di Indonesia dari waktu ke waktu tempat yang menyediakan produk ekplorasi dari kopi semakin menjamur. Setelah melakukan riset dengan stylus dan euro monitor ternyata hal ini juga terjadi di banyak negara lain.

Baik produk hasil pengolahan kopi atau alat pengolahan kopi juga semakin hari semakin banyak yang menjadi gaya hidup. Alat-alat pembuatan kopi baik manual, mekanis ataupun elektronik semakin banyak beredar dipasaran. Salah satunya adalah Belgian Balance Coffee.

Meskipun tergolong unik, alat ini tidak terlalu terkenal di Indonesia. Namun demikian, orientasi pemasaran secara internasional melalui Trade Expo Indonesia membuka peluang pemasaran yang lebih luas bagi produk ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat