bowie

Military Bowie Design For Indonesian Army

Pisau Bowie di klaim ditemukan oleh Rezin P. Bowie saudara dari salah satu pahlawan Amerika dari Alamo James Bowie pada tahun 1838. Pisau dari Amerika ini kemudian dipake oleh tentara Amerika dan mulai menyebar sejak Perang Dunia. Saat ini Bowie yang sudah dikenal luas banyak diminati oleh para pengguna pisau di seluruh dunia.

Di dunia militer salah satu jenis pisau Bowie yang cukup terkenal adalah Kabar USMC (United States Marine Center) knife yang digunakan oleh angkatan alut Amerika yang disebut juga sebagai Mark 2.

Pisau jenis bowie disukai karna bentuknya yang compact, kuat dan dapat digunakan bukan hanya didalam peperangan tetapi juga saat survival. Hingga kini development pisau Bowie terus dilakukan oleh berbagai perusahaan pisau maupun para knife maker.

Desain Pisau Bowie untuk TNI

Saat lelang penyediaan barang tahun 2016 perusahaan kami ikut mengajukan berbagai desain yang salah satunya adalah desain ini. Baja yang kami tawarkan adalah D2 yang di black powder coat dan dihardening hingga 61 HRC. Dilengkapi dengan Serrated blade dan nipotek ber texture pebble handle pisau ini juga diberi lobang untuk para cord di bagian bawahnya. Guard yang menyatu dengan handle dibuat melengkung kedepan untuk memberikan safety dan kenyamanan dalam menggenggamnya.

Pisau ini dirancang sedemikian rupa agar dapat menjadi salah satu alternatif untuk digunakan oleh tentara. Tujuan utama desain ini agar dapat digunakan baik dalam upacara maupun dimedan perang. Desain pisau yang simple memberikan kesan yang modern dan mudah digunakan.

Untuk mendapatkan harga yang bersaing, sarung pisau dibuat dari nylon yang diberi lobang untuk para-cord dan belt. Sehingga dapat diberi kebutuhan survival seperti fire starter. Berikut bentuk desain pisau ini secara keseluruhan :

Terimakasih

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat