Charging Pad

Charging Pad – Sunda Traditional House Inspired Design

Perangkat mobile merupakan salah satu jenis produk yang berkembang pesat dari waktu ke waktu. Produk-produk seperti handphone dan tablet banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Produk-produk tersebut sudah seperti kebutuhan dan dibawa setiap saat. Tidak heran baik jenis produk, brand dan aksesoriesnya tidak luput dari perkembangan yang terus menerus. Aksoris dari perangkat-perangkat mobile tersebut dari waktu kewaktu. Charger, casing tambahan maupun aksesoris lainnya terus membanjiri pasar. Hal tersebut tentunya juga terjadi di Indonesia. Namun demikian desain produk dari aksesoris tersebut seringkali bersifat global dan tidak memiliki identitas. Sehingga hal ini menginspirasi kami untuk membuat desain aksesoris yang dapat merepresentasikan khazanah Indonesia. Maka lahirlah ide desain Charging Pad yang terinspirasi dari rumah adat Jawa Barat – Jolopong ini.

Aksesories Mobile Tablet

Charging PadTablet merupakan salah satu mobile device yang banyak dipergunakan. Tablet mengakomodir kebutuhan masyarakat akan produk berdisplay lebih besar dari handphone. Jenis produk ini cukup fungsional bagi para pebisnis dan akademisi. Bagi para pebisnis produk jenis ini sering digunakan untuk presentasi dengan klien ataupun melakukan transaksi jual beli. Sedangkan bagi para akademisi, alat ini digunakan sebagai pengganti buku, digunakan untuk mencatat atau membaca bahan belajar.

Aksesoris untuk tablet cukup banyak jenisnya, mulai dari yang memang sangat berguna hingga yang hanya memiliki fungsi estetis. Aksesoris seperti charger, keyboard atau flip chasing merupakan aksesories yang paling banyak diminati para pemilik tablet.

iPad merupakan mobile device yang dikeluarkan oleh Apple, brand yang hingga kini menjadi salah satu brand yang menguasai pasar produk-produk mobile. Sebagai penyedia salah satu mobile device, Apple terkenal dengan ergonomi dan interface yang human friendly. Dengan menggunakan operating systemnya (OS) sendiri yang dikenal dengan iOs, Apple mampu menjadi benchmarking bagi produk-produk mobile.

Rumah Adat Jolopong – Sebagai Inspirasi Desain Charging Pad

Jolopong adalah rumah adat orang Sunda – Jawa Barat yang sering ditemui didaerah Garut. Rumah adat ini merupakan rumah adat yang berjenis panggung. Rumah panggung merupakan rumah adat yang memiliki karakteristik seperti panggung, yaitu rumah adat berlantai tidak menempel langsung pada permukaan tanah. Rumah adat jenis ini biasanya ditemui didaerah pinggiran sungai dan perairan. Penggunaan kaki sebagai panggung dimaksudkan untuk menghindari banjir, atau kelembaban dari tanah yang ada didaerah tersebut. Selain itu pemberian panggunaan panggung pada jenis ini juga sering dimanfaatkan untuk beternak seperti Rumah Gadang yang ada di Sumatera Barat.

Selain memiliki karakteristik pada lantainya yang berbentuk panggung. Jolopong juga memiliki atap yang unik. Atap rumah adat ini berbentuk limas dengan tambahan mencolok dibagian atasnya. Dua karakteristik ini kemudian diambil sebagai ide untuk mendesain produk charging pad yang kita buat.

Visualisasi Desain Charging Pad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat