copper pan

Copper Pan

Copper Pan atau wajan penggorengan dari tembaga merupakan desain yang dibuat karena terinspirasi latar belakang perajin Boyolali. Sebelum krisis moneter pada tahun 1998 menurut pengakuan para perajin, mereka dan orang tua didaerah ini merupakan sentral ketok logam. Mereka adalah produsen panci dan pembuatan peralatan memasak yang berasal dari logam. Namun demikian dikarenakan krisis dan banyaknya import produk-produk dari cina produk mereka kalah bersaing. Krisis yang dikombinasikan dengan kondisi keamanan yang buruk memberikan pengaruh yang sangat negatif pada perkembangan industri. Setelah krisis moneter, keran import yang dibuka sedemikian lebar makin memperburuk kondisi perekonomian dan industri di banyak daerah di Indonesia seperti di Boyolali.

Daerah Boyolali di Jawa Tengah ini sejak dahulu telah dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak perajin logam. Dengan skill dan kapabilitas manual yang dimiliki perajin didaerah ini, mereka telah menjadi salah satu sentra pembuatan peralatan masak. Dandang, wajan, kuali dan berbagai peralatan memasak lainnya dibuat oleh perajin dengan peralatan-peralatan manual. Pada tahun 2004 dan 2005 Pemerintah berinisiatif untuk memberikan pelatihan untuk mengembangkan produk kerajinan dan kesenian. Pelatihan ini menjadi starting poin para perajin daerah ini menjadi sentra kerajinan kuningan dan tembaga yang membuat produk-produk dekoratif dan seni.

Copper Pan Design

Beberapa waktu belakangan peralatan memasak dari tembaga, material yang dikenal sebagai rose gold ini kembali diminati terutama di Eropa, Arab dan Amerika. Dalam berbagai program televisi tentang masak memasak, para chef banyak yang menganjurkan penggunaan wajan dan panci dengan berbahan tembaga. Penggunaan bahan tembaga memberikan cita rasa yang unik dan lebih menyehatkan. Dengan latar belakang para perajin di daerah Boyolali yang merupakan perajin peralatan memasak momen ini kami pikir dapat dijadikan alasan untuk menghidupkan kembali skill pembuatan peralatan memasak didaerah tersebut.

Saat ini telah banyak tersedia peralatan memasak yang modern. Peralatan memasak yang dibuat secara industri ini memiliki juga telah banyak memperhatikan aspek desain terutama ergonomi. Oleh karena itu pengembangan desain peralatan memasak yang kita buat juga perlu memperhatikan banyak aspek.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat