Copper Water Dispenser

Copper Dispenser

Copper Water Dispenser merupakan salah satu explorasi desain awal yang dibuat untuk merespon meningkatnya pesanan peralatan memasak dari tembaga di daerah Boyolali dari penyedia layanan katering untuk pernikahan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka menemukan produk yang cocok untuk dikembangkan didaerah Boyolali dalam Program DDS 2017. Program DDS atau Designer Dispatch Service yang dibuat oleh Kementerian Perdagangan bertujuan untuk membuat kolaborasi yang produktif antara perajin dan desainer yang dikirim kedaerah tersebut. Program DDS dilakukan setiap tahun pada beberapa daerah terpilih di Indonesia. Dalam Program ini para designer yang dipilih akan diterjunkan langsung ke daerah yang telah ditetapkan untuk melihat potensi perajin dan material didaerah tersebut. Pada program DDS tahun 2017 kami diterjunkan ke daerah Boyolali – Jawa Tengah.

Peralatan Catering yang sering digunakan

Catering merupakan layanan penyediaan konsumsi untuk berbagai acara yang biasanya dihadiri sejumlah besar tamu. Layanan makanan yang dahulu biasanya dibuat oleh tuan rumah sendiri kini telah digantikan oleh catering. Layanan catering membantu para penyelanggara acara mengefisiensi waktu persiapan dan penyelenggaran acara yang dibuat penyelenggara.

Pengusaha catering biasanya menyediakan makan lengkap dengan peralatan hingga booth untuk makanan. Meja, peralatan untuk menghidangkan dan menikmati makanan merupakan beberapa komponen minimal yang disediakan layanan catering. Wajan dan dispenser tempat minuman merupakan salah satu peralatan minimum yang disediakan. Akhir-akhir ini para pengusaha catering yang banyak menggunakan peralatan hasil produksi massal yang ada dipasaran memesan peralatan custom ke perajin di Boyolali.

Peralatan yang dipesan beragam, mulai dari panci, serta peralatan lain dengan permintaan desain yang beragam. Kecenderungan ini menjadi salah satu insight yang kami gunakan untuk mengembangkan peralatan yang dibutuhkan oleh pengusaha catering. Mengingat wadah dan wajan merupakan beberapa produk yang memang sudah terlalu awam, kami memutuskan untuk mengeksplorasi produk lain. Salah satu produk yang kami putuskan untuk didesain adalah Copper Water Dispenser.

Copper Water Dispenser

Water Dispenser merupakan alat yang digunakan untuk persediaan air atau jus. Jus lebih sering dihidangkan dengan dispenser sementara air putih biasanya disediakan dengan air kemasan.

Dua perajin yang terpilih didaerah Boyolali merupakan spesialis pembuat porselen dan tembaga. Sehingga desain yang diciptakan mengharuskan menggabungkan dua unsur tersebut. Dengan pertimbangan tersebut kami mendesain dispenser yang menggabungkan unsur tembaga dan porselen yang unik dan kuat.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat