Kompor Briket Double

Biomassa Briquette Stove

Energi dapat dikatakan sebagai kebutuhan utama manusia. Paralel dengan pertumbuhan populasi umat manusia, maka kebutuhan energi juga turut meningkat. Selain digunakan untuk hidup itu sendiri, energi digunakan untuk kebutuhan manusia. Salah satunya untuk pengolahan makanan, seperti memasak. Kompor merupakan salah satu alat yang awam kita gunakan untuk memasak. Dari sekian banyak jenis bahan bakar, dari waktu waktu kewaktu briket semakin diperhitungkan sebagai bahan bakar yang sustainble. Sehingga kompor briket telah banyak dikembangkan untuk menjawab kebutuhan penggunaan briket dalam kegiatan memasak.

Briket

Bagi sebagian besar masyarakat, briket mungkin tidak awam dalam kegiatan kesehariannya. Berbagai alasan efisiensi, dan ketidak tersediaannya secara umum kerap muncul dalam pembahasannya secara general. Meskipun pengembangannya dilakukan secara terus menerus, tantangan yang dihadapi jenis energi ini cukup banyak untuk digunakan pada kebutuhan didalam rumah. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi briket adalah menghasilkan asap pekat. Namun hal ini telah lama dipecahkan oleh para ahli, namun tidak terpublikasikan dengan baik.

Briket lebih awam digunakan oleh kalangan industri sebagai bahan bakar. Hal ini justru karena efisiensi pembakaran dan harganya yang semakin bersaing dengan produk bahan bakar lain. Produk briket yang hingga kini jadi primadona dalam industri tentu saja berasal dari fosil yaitu batu bara. Namun hal ini berangsur-angsur berubah, dan dapat dilihat semakin menurunnya permintaan akan briket jenis ini. Sehingga pertambangan batu bara seperti di daerah Kalimantan sempat collapse. Salah satu penyebabnya adalah semakin efisiennya pembuatan batu bara yang berasal dari bahan organik yang termasuk sebagai biomassa.

Briket pada dasarnya adalah blok material yang dapat dibakar untuk memulai atau mempertahankan pembakaran. Briket dapat dibuat dari berbagai material. Selain batu bara, briket banyak dibuat dari bahan organik seperti serbuk kayu, gambut, bahkan ampas kopi.

Kompor Briket

Kompor merupakan alat untuk memasak yang dapat kita jumpai hampir disetiap rumah. Terutama dikota-kota besar, kompor banyak menggunakan bahan bakar gas. Lebih advance, kompor elektrik kini juga telah banyak digunakan oleh rumah-rumah yang lebih modern. Berbeda dengan didaerah perkotaan, ketersediaan gas atau pasokan listrik didaerah pedesaan jelas berbeda. Dibalik itu, justru ketersediaan bahan organik yang dapat dijadikan briket lebih melimpah. Sehingga potensi pembuatan briket dan penggunaannya lebih luas didaerah-daerah seperti ini.

Berbeda dengan penggunaan bahan bakar briket, kenyamanan penggunaan alat memasak seperti kompor justru merambat hingga ke desa-desa. Pola memasak dengan kompor dan minimnya ketersediaan gas dan listrik di daerah pedesaan dapat diatasi dengan penggunaan kompor yang dapat digunakan dengan briket. Kompor briket tidak hanya mengurangi biaya dan effort dalam pemenuhan kebutuhan untuk memasak, namun juga dapat mengakomodir pola memasak yang semakin modern.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat