kompor briket biomassa

Biomassa Briquette Stove Design No 2

Kompor merupakan suatu alat yang digunakan rumah tangga hampir setiap keluarga. Alat yang diletakkan didapur ini mengakomodir kebutuhan anggota rumah tangga untuk memasak. Baik didesa maupun dikota, kebiasaan memasak dirumah memberikan berbagai macam keuntungan. Didesa yang dahulu biasa memasak diatas tungku, kini juga banyak yang beralih memasak diatas kompor. Namun demikian, ketersediaan gas atau listrik yang biasa menjadi bahan bakar kompor diperkotaan tidak sebanyak yang ada dikota. Didesa-desa, kompor masih banyak yang menggunakan minyak tanah (kerosin) bahkan kayu bakar. Bahan bakar jenis ini lebih mudah didapat dipedesaan. Bahan-bahan organik untuk membuat briket pun lebih mudah didapatkan dipedesaan. Kalori dan efisiensinya yang lebih tinggi dibandingkan kayu bakar dan minyak tanah dapat dijadikan alternatif yang lebih baik dalam memasak. Sehingga hal ini menginspirasi kami untuk mendesain kompor briket biomassa yang mampu mengakomodir pola memasak diatas kompor modern yang semakin berkembang.

Briket Biomass

Briket merupakan blok material yang digunakan sebagai sumber energi dengan cara dibakar. Briket yang hingga kini masih banyak digunakan adalah briket dari bahan bakar fosil yaitu batu bara. meski demikian penggunaan briket batu bara telah mengalami banyak penurunan. Banyak pertambangan batu bara di Sumatera dan Kalimantan kini telah gulung tikar. Hal ini disebabkan industri-industri yang biasanya menggunakan batu bara sebagai sumber energi beralih ke sumber energi yang lain. Namun demikian penggunaan briket dari material organik justru mengalami peningkatan. Selain dapat digunakan oleh industri, briket biomassa kini semakin banyak digunakan oleh rumah tangga diseluruh dunia.

Biomassa adalah jenis sumber energi yang berasal dari material-material organik. Biomassa dapat berupa material padat, cair dan gas. Salah satu bentuk biomassa yang semakin banyak digunakan oleh rumah tangga diseluruh dunia adalah dijadikan briket. Briket Biomassa dapat dibuat dari berbagai material organik seperti serbuk gergaji, jerami, rami, bahkan ampas kopi. Dengan pengolahan yang semakin modern, kadar air, kepadatan hingga kalorinya dapat dimaksimalkan. Bahkan saat ini telah banyak dikembangkan briket biomassa yang tidak menghasilkan asap, sehingga lebih ramah pada lingkungan dan dapat digunakan secara bersih di lingkungan rumah tangga.

Kompor Briket Biomassa

Briket biomassa yang tidak menghasilkan asap dapat merevolusi penggunaan briket dirumah tangga. Briket jenis ini dapat digunakan baik sebagai bahan bakar untuk memasak atau penghangat ruangan. Digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, briket tanpa asap diaplikasikan pada kompor dan tungku barbeque. Penggunaan tungku barbeque dirumah tangga tidak sesering penggunaan kompor.

Selain dapat memakomodir kebiasaan masyarakat memasak diatas kompor. Berdasarkan prinsip penjualan produk, desain kompor sebaiknya mirip dengan kompor konvensional yang telah dikenal masyarakat. Sehingga desain tersebut tidak dianggap aneh dan mendorong masyarakat untuk membeli dan menggunakannya. Desain yang kami buat, berusaha mempertahankan bentuk desain kompor minyak tanah yang biasa digunakan masyarakat. Penggunaannya yang mudah juga diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat memanfaatkan briket biomassa.

Visualisasi Desain Kompor

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat