Merbabu Coffee Maker

Merbabu Coffee Maker

Desain Merbabu Coffee Maker ini merupakan desain final yang diproduksi oleh perajin di Boyolali dalam program DDS. DDS atau Designer Dispatch Service merupakan program yang dibuat oleh Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan kualitas desain perajin di daerah yang telah mereka pilih. DDS diadakan setiap tahun dan dilaksakan dibeberapa tempat diseluruh Indonesia. Pada program DDS tahun 2017 saya ditempatkan oleh panitia di daerah Boyolali untuk bekerjasama dengan perajin tembaga dan porcelain. Hasil final dari kolaborasi antara saya dengan perajin di daerah ini adalah alat distilasi kopi yang diberi nama Merbabu Coffee Maker.

Dari hasil penelitian yang dilakukan baik didalam maupun diluar negeri, konsumsi kopi dari waktu kewaktu semakin mengalami peningkatan. Dalam rentang waktu 5 tahun peningkatan konsumsi kopi dalam negeri mencapai lebih dari 15%. Salah satu penyebab meningkatnya konsumsi kopi adalah perubahan daya konsumsi menjadi life style. Life style ini direspon oleh pasar dengan menyediakan tempat-tempat menikmati kopi berupa cafe yang menjamur diberbagai kota besar. Dengan meningkatnya konsumsi kopi, alat untuk pengolahan kopi yang turut menopang life style dalam kegiatan ini juga turut meningkat.

Distilasi Kopi

Metode distiliasi merupakan proses pengolahan kimiawi. Dalam proses distilasi suatu materi didihkan, kemudian uap dihasilkan oleh hasil pendidihan tersebut ditampung lagi dalam suatu wadah. Dalam proses distilasi terjadi pemisahan zat antara yang mudah menguap dengan yang tidak mudah menguap. Proses distilasi sering digunakan dalam pembuatan parfum dan bir. Tidak banyak alat yang dibuat untuk mendistilasi kopi.

Mendistilasi kopi merupakan metode untuk mendapatkan uap dari rebusan kopi yang menghasilkan cita rasa kopi yang lebih ringan dan meningkatkan essense dari kopi tersebut. Kopi yang dihasilkan dengan metode ini cukup berbeda dengan berbagai metode yang dihasilkan oleh lain yang sering kita temui. Alat untuk penyulingan kopi tidak banyak tersedia baik di Indonesia maupun ditempat lain.

Desain Merbabu Coffee Maker

Boyolali adalah salah satu kabupaten yang berada di daerah Jawa Tengah.  Boyolali dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan dengan menggunakan mobil dari Solo. Diberbagai tempat didaerah ini kita dapat menikmati berbagai pemandangan. Salah satu pemandangan yang mencolok adalah pegunungannya. Gunung yang terlihat cukup jelas dari daerah ini adalah Merbabu dan Merapi. Gunung Merbabu dapat diakses salah satunya melalui daerah Ampel. Daerah ini merupakan daerah tempat salah satu perajin yang terpilih dalam program DDS.

Merbabu merupakan salah satu gunung yang cukup terkenal di Indonesia. Gunung yang dapat dilihat jelas dari daerah Ampel ini kemudian menjadi inspirasi bentuk dalam pembuatan desain Merbabu Coffee Maker.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat