Pisau Komando

Pisau Komando TNI

Pisau Komando – British Commando Dagger atau Fairbairn-Sykes adalah pisau belati yang juga digunakan oleh Tentara Indonesia. Pisau ini biasanya digunakan dalam upacara-upacara militer sebagai pelengkap pakaian militer yang mereka kenakan. Pisau jenis ini sering dipesan di tempat produksi kami oleh prajurit hingga petinggi militer. Meski demikian produk ini tidak terlalu fungsional, karena bahan yang digunakan adalah baja-baja yang lebih mementingkan krom sehingga mengkilat.

Upacara Kopasus

British Commando Dagger dikembangkan oleh  William Ewart Fairbairn dan Eric Anthony Sykes di Sanghai pada Perang Dunia ke 2. Pisau ini sangat terkenal saat itu karena digunakan bukan hanya oleh British Commando tetapi juga oleh Angkatan Udara Inggris, SAS dan Pasukan yang lain. Pisau ini memiliki dua mata, sementara dengan ketajaman bilahnya dapat digunakan untuk menyayat, blade tips nya dapat digunakan untuk menusuk bahkan cukup stabil digunakan sebagai pisau lempar.

Sangkur Belati Kopassus

Pisau Komando TNI – Kebutuhan Para Prajurit

Berdasarkan banyaknya permintaan tersebut, kami mencari berbagai referensi pisau British Commando yang layak untuk dikembangkan. Sehingga kami menciptakan sebuah pisau yang kami harap tidak hanya cocok digunakan sebagai pisau untuk dibawa upacara, tetapi juga fungsional dan modern sebagai pisau yang dapat diandalkan oleh prajurit.

Lihat Juga : Desain Pisau Bowie Ala Indonesia

Pommel yang bulat dapat pula berfungsi sebagai glass breaker, guard dan handle yang terinsiprasi dari Gerber Mark II memberikan ergonomi dan keamanan saat penggunaan. Tengah bilah diberi lobang untuk mengurangi massa produk serta karakter pada produk. Finishing Black Powder Coat memberikan kesan modern dan kokoh.

Desain pisau yang ramping dan tajam merupakan salah satu karakteristik dari British Commando yang menjadikannya sangat mematikan. Senjata tikam ini memiliki mata pisau seperti tombak dan dua mata atau double blade yang dibeberapa negara dan wilayah tidak diperkenankan dan dikategorikan sebagai pisau ilegal karna fungsinya lebih banyak ke kontra fisik.

Pisau ini diharapkan dapat menjadi penunjang kegiatan prajurit TNI dalam mempertahankan kedaulatan NKRI dan semakin terlihat gagah ketika memakainya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat