Taekwondo Scoring Machine

Taekwondo Scoring Machine

Penjurian pada pertandingan martial arts membutuhkan kecepatan dalam pemberian nilai, biasanya para juri melakukannya dengan menulis atau membuat turus. Kebiasaan ini dinilai kurang maksimal dalam hal kecepatan dan ketepatan penilaian saat pertandingan, untuk itu kami dengan salah satu atlit taekwondo nasional mengembangkan produk untuk penjurian ini agar juri dapat melakukan penjurian dengan cepat dan tepat. Hasil penjurian pun dapat langsung di input pada server utama untuk dikumpulkan dengan menggunaan desain Taekwondo scoring machine yang kami buat.

Proyek Pengembangan Desain

Salah satu teman yang berasal dari jurusan Elektro yang juga merupakan atlet Taekwondo, mengembangkan sebuah perangkat elektronik. Perangkat ini digunakan untuk melakukan penjurian dalam pertandingan olah raga yang dia geluti tersebut. Bersama-sama dengan beberapa orang temannya, mereka berhasil membuat perangkat elektronik lengkap dengan konsepnya. Setelah selesai dengan perangkat elektronik utamanya, kami melakukan koordinasi untuk membuat casing dan interface untuk alat tersebut. Alat ini mereka beri nama Wayang Taekwondo.

Pekerjaan desain dibagi atas dua bagian yaitu; desain produk dan desain grafis. Desain produk fokus dalam pembuatan desain yang memperhatikan berbagai faktor termasuk keterbatasan pengetahuan kami dalam pengolahan material. Sedangkan desain grafis fokus dalam pengembangan interface yang dihasilkan produk tersebut.

Desain produk mendapat masukan cukup banyak dari pengalaman yang telah dihadapi teman kami tersebut sebagai atlet. Utamanya adalah masukan soal ergonomi produk. Antropometri dari atlet Taekwondo yang cukup besar serta kebiasaan peletakan produk di meja penjurian.

Scoring machine atau mesin penilaian di gunakan oleh 4 orang juri dengan 3 poin. Pertarungan atlet Taekwondo yang biasa dilakukan antara satu lawan satu, terdiri dari sisi biru dan sisi merah. Tombol-tombol pada stick ditekan dengan jempol, sehingga harus dibuat agar mudah ditekan dalam kecepatan sepersekian detik. Hal ini mengikuti pertimbangan atas kecepatan serangan-serangan yang dilakukan oleh para atlit.

Prototyping Taekwondo Scoring Machine

Dalam pembuatan prototyping, kami menggunakan kayu Mahoni dan akrilik sebagai penutup casing. Pada saat pengembangan ini, pengetahuan kami tentang pembuatan prototyping dan channel untuk menggunaan berbagai mesin yang lebih canggih seperti saat ini tidak banyak.

Dengan menggunakan material seadanya kami membuat prototype yang dokumentasinya pun tidak sempat kami buat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat