v60 coffee

V60 Coffee Dripper Design no. 3

V60 Coffee dripper adalah sebuah alat untuk membuat kopi yang cukup sering kita temui di berbagai warung kopi. Penggunaannya cukup mudah, hanya dengan menambahkan filter atau penyaring kemudian kopi diseduh sehingga menhasilkan cairan kopi tanpa ampas.

Desain produk ini merupakan salah satu alternatif desain dari beberapa desain yang saya kembangkan. Gabungan antara material porselen dan kuningan adalah salah satu ciri khas yang ditonjolkan produk ini. Penggabungan dua material ini melibatkan dua perajin yang berbeda dalam satu daerah.

Boyolali yang merupakan sentra pembuatan produk-produk berbahan logam kuningan dan tembaga merupakan tempat yang membantu kami untuk mengembangkan produk ini. Selain tembaga dan kuningan daerah ini juga memiliki berbagai perajin yang handal. Salah satu perajin yang sudah memiliki tempat produksi cukup luas adalah perajin porselen.

Desain V60 Coffee Dripper

Fokus utama dari desain ini tentunya ada pada fungsi. Istilah form follow function yang sering kali mempengaruhi desain saya, saya terapkan pula dalam desain ini. Bentuknya yang simple memberikan kesan yang modern dan langsung memberikan arahan bagaimana cara menggunakannya. Porselen digunakan sebagai wadah atas dan base, sedangkan tembaga digunakan sebagai jig yang menyambungkan wadah atas dan base bagian bawah. Jig ini harus dikerjakan serapih mungkin, sehingga dapat memberikan kesan Industrial.

Jig yang didesain menembus bagian base di desain membentuk lingkaran untuk memberikan petunjuk tempat meletakkan gelas. Sehingga jatuhnya cairan kopi tepat berada dicangkir konsumen. Wadah bagian atas dapat dilepas sehingga memudahkan user untuk membersihkannya. Wadah yang langsung bersentuhan dengan filter akan menjadi salah satu spot yang paling sering basah.

Desain yang elegan ini ditujukan agar dapat menembus bukan hanya pasar lokal tetapi pasar internasional. Bentuk yang minimalis dan mudah di identifikasi menjadi cara yang tepat agar user langsung akrab menggunakan produk ini. Dengan karakteristik ini pula biaya produksi dapat ditekan menjadi lebih murah dan dapat diproduksi dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Desain produk ini menjadi bagian dari development berbagai alat pengolahan kopi bersama perajin di Boyolali.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat