Vietnam Drip

Vietnam Drip Coffee Dripper

Setelah bubuk kopi dituangkan pada wadah atas, sebuah filter kemudian memampatkan bubuk kopi ber grain besar tersebut. Setelah kopi diratakan pada bagian bawah wadah atas, kemudian air panas dituangkan dan secara perlahan cairan kopi turun ke gelas dibawahnya. Terkadang, cangkir bagian bawah sebelumnya telah di isi dengan susu cair atau krim. Setelah semua cairan kopi turun kebawah, kopi dan susu diaduk dan menghasilkan kopi yang nikmat. Experience yang berulang kali saya nikmati disalah satu warung kopi yang menyediakan kopi aroma di Dago atas ini memang selalu meninggalkan kesan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Kopi Aroma khas Bandung yang disajikan dengan menggunakan metoda Vietnam Drip ini memiliki cita rasa yang nikmat.

Metoda penyajian kopi dari Vietnam ini semakin digemari oleh pecinta kopi di tanah air. Meskipun cairan kopi turun tidak dalam kurun waktu yang cepat. Pengalaman yang didapat dan cita rasa kopi yang authentic kadang menjadi candu bagi sebagian orang. Apalagi belakangan ini semakin banyak pecinta kopi dikalangan anak muda. Metoda ini sering diabadikan melalui kamera handphone dan menyebar ke audience nya.

Desain alat pembuat kopi Vietnam Drip

Tembaga yang dari dahulu dikenal sebagai material yang digunakan dalam pengolahan minuman. Kini kembali marak dikalangan para chef dan koki rumahan alias ibu-ibu yang mengutaman cita rasa dan kesehatan. Berbagai review muncul di internet tentang manfaat menggunakan alat-alat dari tembaga dalam pengolahan minuman dan makanan.

Material ini juga digunakan dalam proses distilasi bir, untuk menghasilkan cita rasa yang semakin baik. Selain bir berbagai metoda distilasi pengolahan minuman juga menggunakan material ini.  Demikian pula dengan porselan yang berabad-abad digunakan untuk penyajian minuman, yang kiranya akan terlalu panjang untuk dibahas. Perpaduan antara material sejoli dalam pengolahan minuman ini saya pertemukan dalam pengembangan berbagai alat pembuat kopi.

Biasanya alat-alat pembuat kopi terbuat dari kaca, atau alumunium. Kita cukup jarang menemukan peralatan  pembuatan kopi yang menggunakan tembaga atau kuningan. Sehingga ini menjadi suatu kesempatan bagi saya untuk mengembangkan peralatan membuat kopi dengan memadukan dua material yang baik ini. Selain menghasilkan desain yang authentic, dengan menggunakan material ini, didapat pula kesan lux dan elegan sehingga cocok untuk penyajian diacara-acara formal atau menservice tamu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat