Material gagang pisau yang kini umum digunakan

<![CDATA[

Handle atau gagang merupakan salah satu anatomi yang penting pada pisau. Selain pisau-pisau untuk mesin atau pisau silet, pisau yang lebih sering kita gunakan sehari membutuhkan gagang sebagai media untuk menggunakannya. Bagian ini biasanya terletak pada bagian belakang pisau, meski demikian beberapa jenis pisau seperti pisau daging atau pisau pizza menempatkannya pada tengah atau bagian atas bilahnya. Bagian pisau ini dapat dibuat dari berbagai material dan secara umum material gagang pisau dapat menggunakan material alami dan artifisial

Meskipun perlu didesain dengan baik, handle atau pegangan pisau tidak hanya soal estetika. Bahkan sebelum estetika diaplikasikan pada handle, aspek ergonomi lebih penting agar penggunaan pisau sesuai dengan fungsinya. Hal ini bahkan dapat menjadi acuan untuk melihat asal produksi dari pisau yang kita gunakan. Pisau fungsional dari Amerika, Eropa, Arab dan Afrika relatif lebih besar handle nya dibandingkan pisau-pisau yang digunakan oleh oleh orang-orang Asia.

Dalam aspek ergonomi pula, pembuatan handle berdasarkan fungsi pisau nya perlu memperhatikan kekokohan saat digunakan atau gripping. Untuk mencapai gripping yang baik pada beberapa jenis handle pisau perlu ditambahkan tekstur tertentu. Pemilihan produk pisau oleh User atau pengguna yang paham kebutuhannya secara spesifik akan menjadikan bentuk handle sebagai pertimbangan yang penting.

Berikut ini beberapa jenis material yang kini banyak digunakan untuk membuat gagang pisau serta plus dan minus dari material tersebut.

Alami

Kayu, Bambu dan Rotan

Tulang, Tanduk, Gading dan Taring

Batu

Logam

Artifisial

Komposit

Syntetik

 ]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *